Hidangan Segar Berbuka Puasa

Untuk hidangan segar berbuka puasa, mungkin aloe vera belum menjadi hal yang umu. Aloe Vera atau yang lebih dikenal sebagai Lidah Buaya, tumbuhan unik dari dataran kering Afrika ini menyimpan banyak khasiat. Karena mengandung 72 zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, diantaranya 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.
Nah karena kandungannya itu, lidah buaya sangat cocok untuk hidangan segar berbuka puasa. Berikut resep Es Lidah Buaya yang bisa anda coba untuk berbuka puasa nanti. Dan yang pasti, menyegarkan dan menyehatkan.

Es Lidah Buaya


Bahan-bahan:

  • 4 batang/pelepah bunga lidah buaya, kira-kira 1 Kg.
  • 1/4 kg gula pasir
  • 3 butir cengkeh
  • 1 sendok makan air kapur sirih
  • 2 buah jeruk nipis, peras ambil airnya.
  • seruas kayu manis
  • garam secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Kupas pelepah lidah buaya, potong daging lidah buaya ukuran dadu 1 cm, masukkan ke dalam air rendaman diamkan selama 30 menit – 1 jam, cuci bersih dan tiriskan. Rendaman terdiri dari 1 liter air, kapur sirih dan garam.
  2. Didihkan air, rebus daging lidah buaya selama 10 menit angkat.
  3. Masak air bersama gula pasir, cengkeh dan kayu manis, setelah mendidih masukkan daging lidah buaya, masak sebentar, angkat dan hilangkan uap panasnya.
  4. Setelah dingin, masukkan perasan jeruk nipis.
  5. Siapkan gelas, beri es batu dan irisan jeruk nipis sebagai hiasan.
  6. Es lidah buaya siap untuk dinikmati.


Selain menjadi hidangan berbuka yang menyegarkan, banyak juga manfaat yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsi lidah buaya ini. Semoga bermanfaat bagi Anda. Dapatkan juga info-info puasa lainnya di sini